regional
Langganan

RSUD Siap Pelayanan, Warga Butuh Sosialisasi - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Arif Wahyudi Jibi Harian Jogja  - Espos.id Jogja  -  Kamis, 2 Januari 2014 - 22:04 WIB

ESPOS.ID - More than just publish.

Harianregional.com, KULONPROGO—Mulai diberlakukannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) tidak begitu memengaruhi sistem pelayanan di RSUD Wates.

Pelayanan di rumah sakit berpelat merah itu tetap normal dalam dua hari sejak pemberlakuan sistem JKN.

Advertisement

Direktur RSUD Wates, Lis Indrawati mengatakan, RSUD sudah melakukan simulasi pelayanan sejak tiga bulan lalu.

Akhirnya ketika JKN sudah diterapkan, pihaknya sudah terbiasa dengan sistem layanan terbaru itu.

"Setelah ada sosialisasi kami coba terapkan pelan-pelan karena sudah ada gambaran teknisnya sehingga kini pelayanan tetap berjalan normal ketika program itu sudah dilaksanakan," ujarnya kepada Harianregional.com, Kamis (2/1/2014).

Advertisement

Lis menambahkan, untuk melayani pasien setelah program BPJS berjalan ini, RSUD membuka empat loket, satu di antaranya adalah loket tim dari BPJS.

Loket A melayani pasien Jamkesda dan Jamkesos. Loket B melayani pasien program BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI). Kemudian loket C melayani pasien eks peserta Askes, Jamsostek dan TNI/Polri. Sementara loket D merupakan loket tim BPJS.

"Loket tim BPJS berfungsi apabila ada komplain dari pasien. Misalnya ada pasien yang tidak mampu tapi dulu belum masuk dalam jaminan apa pun, nanti tim dari BPJS yang memutuskan," tandasnya.

Advertisement
Advertisement
Sumadiyono - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif