regional
Langganan

WISATA JOGJA : Pendapatan MICE 7 Lipat Dibanding Tour Traveller - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Bernadheta Dian Saraswati Jibi Harian Jogja  - Espos.id Jogja  -  Kamis, 21 September 2017 - 13:20 WIB

ESPOS.ID - Asisten Deputi Pengembangan Sekmen Pasar Bisnis Kementerian Pariwisata, Tasbir (tiga kiri) memukul gong sebagai tanda dibukanya acara Sosialisasi Destinasi MICE di Hotel Royal Ambarrukmo, Selasa (19/9/2017). ( Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Jogja, pendapatan MICE lebih besar daripada tour traveller.

Harianregional.com, JOGJA-Jogja bersama Bali, Medan, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Makassar didorong menjadi destinasi MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition). Sektor MICE dinilai mampu mendatangkan pendapatan yang tinggi daripada kegiatan tour traveller.

Advertisement

Perwakilan Indonesia Convention and Exhibition Bureau (Inaceb) Endang Mawardi mengatakan, ada dua kategori wisatawan yang melakukan perjalanan wisata, yaitu kategori leisure atau tour traveler yang meluangkan waktu luang untuk berlibur, sementara kedua yaitu kategori bisnis atau MICE traveler yang datang untuk kepentingan pertemuan. Ia mengatakan, pengeluaran (spending) MICE traveler tujuh kali lebih besar daripada tour traveler sehingga kondisi ini menjadi potensi bagi daerah untuk fokus menggarap sektor MICE dalam rangka menggenjot pendapatan.

“Kalau leisure motives [atau tour traveller], mereka cari hotel yang murah yang ada promo. Tapi kalau business motive [MICE traveler], sekali jalan spendingnya tinggi dari tiga sampai tujuh kali lipat [dibandingkan tour traveller],” kata Endang saat Sosialisasi Destinasi MICE di Hotel Royal Ambarrukmo, Selasa (19/9/2017).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Mediani Dyah Natalia - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Kata Kunci : MICE Wisata Jogja Pemda DIY
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif