Harianjogja.com, JOGJA- Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, sebagai produsen dan distributor sepeda motor Yamaha terus berupaya meningkatkan penjualan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mempelajari karakter konsumen mereka.
Promosi Dukung Perkembangan Industri Kreatif, BRI Gelar Kompetisi Creator Fest 2024
Hal itu diungkapkan Yordan Satriadi, Assistant General Manager Marketing Strategy, Planning & Promotion PT Yamaha Indonesia Motor MFG saat berkunjung ke Harian Jogja, Jumat (12/8/2016). Mereka diterima oleh General Manager Usaha Tri Wahyudi, Manager Iklan Wahyu Widodo dan Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono.
Yordan menyebutkan pihaknya memiliki lembaga survei yang mempelajari konsumen mereka. "Untuk meningkatkan market share, kami harus memahami market kami," katanya.
Beberapa upaya untuk mendekatkan diri dengan konsumen dilakukan di antaranya dengan menggelar kegiatan untuk target konsumen dan membentuk komunitas pemilik sepeda motor di setiap provinsi. Ia mengakui, berbagai kegiatan itu belum bisa memenuhi semua permintaan konsumen maupun calon konsumen.
Lebih lanjut, Yordan menegaskan dealer Yamaha sebagai garda depan penjualan produk mereka diharuskan agresif dalam menjual. "Produk sepeda motor saat ini beragam dan memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan produk pesaing, maka dealer harus kerja keras merebut hati konsumen," tegasnya.
Anton Wahyu Prihartono mengungkapkan Harian Jogja memiliki rubrik Otomotif setiap hari Rabu. Rubrik ini berisi ulasan bidang otomotif sehingga bisa menjadi ruang promosi bagi Yamaha. "Kami juga punya tim event organizer yang bisa bekerja sama untuk mengadakan kegiatan promosi," pungkasnya.