Esposin, CILACAP — Sebagian masyarakat di wilayah Banyumasan atau eks-Keresidenan Banyumas masih memegang teguh pepali sebagai pantangan. Pepali ini merupakan peninggalan bersejarah dari Adipati Wirasaba.
pepali Adipati Wirasaba ini berbentuk logika perlambangan dan pesan yang tersamar yang harus diinterpretasikan dengan bahasa sehari-hari dan kondisi di masing-masing daerah. Makna dari pepali adalah bentuk penghormatan kepada leluhur dan ajaran keseimbangan dalam kehidupan.
Promosi Lestarikan Warisan Nusantara, BRI Dukung Event Jelajah Kuliner Indonesia 2024
Dilansir dari sebuah literasi tugas akhir oleh Ganjar Triadi, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang dengan judul Simbol dan Makna Pepali Adipati Wirasaba dan Relevansinya Pada Masyarakat di Eks Karesidenan Banyumas, Jumat (7/1/2022), terdapat penjelasan terperinci bagaimana relevansi Pepali di beberapa kabupaten di wilayah Banyumasan, khususnya Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banjarnegara.
Baca juga: Pepali Banyumasan Masih Dipercaya Warga, Begini Praktiknya
Makna Pepali
Aja mangan pindang banyakIni adalah bunyi asli isi pepali yang pertama, yaitu larangan mengkonsumsi daging angsa. Bagi masyarakat Kabupaten Cilacap, pantangan ini masih relevan karena kondisigeografis Kabupaten Cilacap yang dekat dengan perairan Samudra Hindia membuat masyarakat di sana lebih mengkonsumsi ikan daripada daging angsa.
Pantangan ini juga masih relevan bagi masyarakat Kabupaten Banjarnegara yang juga tidak mengkonsumsi daging angsa. Selain kondisi geografis, masyarakat setempat juga percaya jika ada musibah yang akan melanda jika melanggar pepali atau pantangan tersebut.
Baca juga: Asale Pepali, Pantangan Warga Banyumasan
Aja mbojo antarane wong Kesugihan karo wong Pesanggarahan
Isi Pepali ini mengacu pada larangan menikah bagi warga desa Kesugihan dengan warga desa Pesanggarahan, dua desa yang ada di Kabupaten Cilacap. Isi Pepali ini hanya relevan bagi masyarakat di Kabupaten Cilacap karena secara langsung menyebut nama dua desa.
Jika melihat isi salah satu pepali ini memungkinkan bahwa hal ini ada kaitannya dengan kisah dendam Ki Demang Torayeka dengan Adipati Wirasaba yang menggagalkan kesepakatan perjodohan anak-anak mereka.
Baca juga: Ini Isi Pepali Pantangan Warga Banyumasan
Saat itu, sebelum Adipati Wirasaba meninggal, dia berpesan untuk tidak menikah atau mengambil menantu dari keturunan Ki Demang Torayeka yang kemungkinan menurunkan generasi yang ada di salah satu desa di Cilacap ini.
Hingga kini, masyarakat dari kedua desa tersebut masih melaksanakan Pepali ini. Masyarakat setempat masih percaya bahwa jika terjadi pernikahan yang melibatkan warga kedua desa tersebut, ada musibah yang melanda warga dari kedua desa. Kejadian ini pernah terjadi dan masyarakat setempat mengkaitkan pada isi pepali yang melarang adanya pernikahan yang melibatkan warga dari dua desa tersebut.
Baca juga: Ada Terowongan Bawah Laut Nusakambangan, Begini Nasibnya
Aja tandur utawane panen nang dina setu pahing atau jumat pon
Isi pepali ini mengacu pada larangan melakukan segala aktivitas, salah satunya aktivitas bertani saat jatuh sabtu pahing jumat pon (penanggalan Jawa). Isi pepali ini masih relevan bagi masyarakat Kabupaten Banjarnegara yang kondisi geografisnya berada di kawasan pertanian. Setiap jatuh hari jumat pon atau sabtu pahing, masyarakat setempat, khususnya di Dukuh Legok tidak berani menanam atau memanen padi.
Larangan beraktivitas di hari jumat dan sabtu ini mengacu pada hari pendek, khususnya jumat yang di mana adalah hari bagi umat Islam melaksanakan sholat jumat sehingga masyarakat diharapkan untuk berhenti beraktivitas dari kegiatan cocok tanam dan lebih mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Masyarakat juga percaya jika mereka melanggar, hasil panennya tidak akan maksimal.
Baca juga: Seperti Apa Sih Kegiatan di Penjara Nusakambangan? Yuk Intip!
Dengan melihat uraian di atas, membuktikan bahwa seiring adanya kemajuan zaman dan pola pikir, praktik Pepali mulai ditinggalkan. Meskipun masih ada kelompok masyarakat yang masih memegang teguh, namun pada praktiknya, isi dari pepali tidak seluruhnya dilakukan, hanya yang memiliki relevansi saja dengan kondisi geografis dan sosial yang ada.