Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berupaya memperbaiki pelayanan di objek-objek wisata untuk menghadapi libur Lebaran 2014.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul Saryanto mengatakan menjelang Lebaran akan dilakukkan peningkatan pelayanan, salah satunya dengan memberikan rasa nyaman bagi pengunjung.
Promosi 3 Tahun Holding UMi BRI, Layani 176 Juta Nasabah Simpanan dan 36,1 Juta Debitur
"Kami akan menambah petugas kebersihan lepas, selama libur Lebaran," kata dia, Minggu (6/7/2014).
Ia mengatakan bahwa kebersihan menjadi prioritas utama karena selama liburan dipastikan pengunjung pantai akan membeludak.
Hal ini, kata dia, untuk menarik wisatawan agar kembali berkunjung ke Gunungkidul. Selain itu untuk memberikan hiburan kepada pengunjung akan diadakan berbagai atraksi kesenian.
"Agar Gunung Kidul tidak hanya dikenal keelokan alamnya tetapi juga kebersihan lokasi wisata," kata dia.
Saryanto menambahkan untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan yang biasa terjadi saat libur Lebaran, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kepolisian, Dishubkominfo, dan DPU.
"Kami akan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengatasi masalah arus lalu lintas dan infrastruktur jalan," katanya.
Selain itu pihaknya juga akan melakukan pengawasan petugas pungut untuk mengurangi kebocoran retribusi, saat mengalami peningkatan kunjungan.
Sementara itu Ketua Pokdarwis Pantai Krakal, Sudarto mengatakan pelaku wisata sudah mulai menyiapkan diri di antaranya parkir, penginapan dan restoran.
"Sejak awal puasa sudah mulai menyiapkan diri seperti membersihkan warung," katanya.
Dia mengatakan warga akan membantu petugas kebersihan untuk membersihkan lokasi wisata, agar kenyamanan pengunjung meningkat.
"Nanti warga siap membantu petugas untuk membersihkan," kata dia.