regional
Langganan

2.609 Siswa Se-Jateng bakal Ikut Kemah Ukhuwah Wilayah di Kaki Gunung Merbabu

by Hawin Alaina  - Espos.id Jateng  -  Kamis, 26 September 2024 - 13:38 WIB

ESPOS.ID - Ketua JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah, Zainal Abidin (dua kanan) saat konferensi pers di Kota Salatiga, Kamis (26/92/2024). (Espos.id/Hawin Alaina)

Esposin, SALATIGA – Sebanyak 2.609 siswa bakal mengikuti Kemah Ukhuwah Wilayah (Kemwil) ke-IX yang diselenggarakan oleh Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Jawa Tengah. 

Kegiatan itu diikuti oleh pramuka penggalang usia SD dan SMP se-Jawa Tengah yang menjadi anggota Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia.

Advertisement

Kegiatan tiga tahunan ini rencana akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Spekta Merbabu yang berlokasi di Dusun Tajuk, Desa Getasan, Kabupaten Semarang selama empat hari, tanggal 14-17 Oktober 2024 mendatang.

Ketua JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah, Zainal Abidin menyebut, antusiasme siswa untuk mengikuti Kemwil ini sangat tinggi. Hal itu terbukti sampai pendaftaran ditutup pada tangal 20 September 2024 lalu, sebanyak 2.609 peserta yang terdiri dari 2.171 siswa dan 438 pendamping tercatat di kepanitiaan.

Advertisement

“Tujuan dari Kemwil ini untuk membina dan mengembangkan persahabatan dan persatuan antar anggota pramuka. Selain itu juga untuk meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara serta lingkungan,” kata Abidin, saat konferensi pers di Salatiga, Kamis (26/9/2024).

Dijelaskan, pada hari pertama, Senin (14/10/2024) nantinya peserta akan mengikuti giat prestasi. Para peserta akan berkompetisi dalam berbagai giat atau lomba, seperti Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB), semaphore dan morse, panahan, hasta karya, dan video vlog.

Advertisement

“Upacara pembukaan Kemwil IX akan dilaksanakan pada hari kedua, Selasa (15/10/2024). Untuk upacara akan digelar di Lapangan Dusun Pulihan. Beberapa pengurus pusat dan pengurus wilayah provinsi lain akan hadir,” katanya.

Dalam upacara pembukaan, lanjut, Abidin, juga akan dipentaskan drama kolosal pertempuran Ambarawa oleh siswa SMP IT Nurul Islam Tengaran. Selama kegiatan para peserta akan mendapatkan berbagai pendidikan dan pelatihan. 

Termasuk pendidikan wawasan kebangsaan dari TNI terdekat. Untuk menghibur dan memotivasi seluruh peserta, panitia juga akan menghadirkan konser nasyid Azzam Haroki dari Semarang.

Advertisement
Mariyana Ricky P.D - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif